Al Ikhlas

1. Katakanlah : Dia-lah Allah, Yang Maha Esa 2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu 3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan 4. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (Al-Qur'an Surat Al-Ikhlas 112)

Selasa, 10 November 2015

Knowledge Management System and knowledge-based society

Knowledge Management System adalah bagaimana manusia dapat mengumpulkan knowledge asset dan menggunakannya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
Pengelolaan pengetahuan dalam pengertian ini adalah upaya menyebarkan, mempercepat pertukaran dan memanfaatkan pengetahuan.
Dalam pengelolaan pengetahuan, dikenal istilah explicit knowledge yaitu hasil pengetahuan yang telah berwujud misalnya skripsi, tugas akhir, laporan penelitian, buku dan semacamnya, serta tacit knowledge berupa pengetahuan yang masih tersimpan dalam kepala pemiliknya.Internet merupakan platform yang amat menunjang dalam upaya menyebarkan, mempercepat pertukaran dan memanfaatkan pengetahuan baik itu explicit knowledge maupun dari tacit knowledge menjadi explicit knowledge dengan memanfaatkan jaringan internet dan website sebagai wadah pengetahuan.
Untuk memiliki dan mengelola sebuah website harus memiliki pengetahuaan tentang HTML dan bahasa pemrograman internet, bahkan kita bisa memanfaatkan Content Managenet System (CMS) seperti joomla,wordpress dll untuk membuat website yang menarik dan interaktif dengan mudah.
Di indonesia sendiri sudah banyak yang menggunakan website/blog untuk mengelola pengetahuannya secara pribadi ataupun membentuk berbagai komunitas untuk tujuan tertentu Hal inilah yang merupakan dasar bagi timbulnya masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).

ARTIKEL TERKAIT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar