Al Ikhlas

1. Katakanlah : Dia-lah Allah, Yang Maha Esa 2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu 3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan 4. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (Al-Qur'an Surat Al-Ikhlas 112)

Rabu, 05 Februari 2014

Manajemen aplikasi komputer

lagi ada tugas tentang manajemen aplikasi komputer, dan di postingan ini bisa sebagai referensinya tentang manajemen aplikasi, semoga bermanfaat.
Manajemen aplikasi (Aplication Management) adalah proses pengelolaan operasi, pemeliharaan, dan peningkatan versi dari aplikasi seluruh siklus hidup. AM mencakup praktek-praktek terbaik, teknik dan prosedur penting untuk operasi yang optimal dikerahkan aplikasi, kinerja dan efisiensi seluruh perusahaan dan back-end infrastruktur TI.

Techopedia menjelaskan Aplikasi Manajemen (AM)
Manajemen aplikasi (AM) merupakan pendekatan pengelolaan TI enterprise wide diarahkan untuk memberikan kinerja aplikasi benchmark optimal untuk organisasi sementara menggabungkan bisnis dan segmen IT, masing-masing dengan tujuan AM beragam.
Stakeholder kunci AM adalah:
Pemilik aplikasi: Key personil eksekutif bisnis yang melihat AM dalam hal produktivitas bisnis, pendapatan dan kontrol.
Pengembang aplikasi / manajer: Key personil perusahaan IT yang bertanggung jawab untuk pengembangan aplikasi, penyebaran dan pemeliharaan.
Pengguna aplikasi: Untuk kelompok ini, AM diukur sesuai dengan keamanan, privasi, versi dan kontrol keseluruhan proses aplikasi dan modul.
Proses AM mencakup Application Lifecycle Management (ALM), Application Portfolio Management (APM) dan Aplikasi Manajemen Kinerja (APM).

(DAVID CHAPPELL)

Mendefinisikan aplikasi manajemen siklus hidup (ALM) tidak mudah. Orang yang berbeda (dan vendor yang berbeda) mengambil perspektif yang sangat berbeda.
Namun, ALM merupakan topik penting, dan memahami apa yang meliputi adalah juga penting.
Ini umum untuk menyamakan ALM dengan siklus pengembangan perangkat lunak (SDLC). Namun pendekatan sederhana ini terlalu membatasi; ALM jauh lebih dari sekedar SDLC. Bahkan, siklus hidup aplikasi meliputi seluruh waktu di mana sebuah organisasi menghabiskan uang untuk aset ini, dari ide awal sampai akhir hidup aplikasi. Untuk menjadi akurat dan berguna, pandangan kita tentang manajemen siklus hidup aplikasi harus mengambil perspektif yang sama luas.

TIGA ASPEK ALM


ALM dapat dibagi menjadi tiga bidang yang berbeda : pemerintahan, pembangunan , dan operasi . Gambar 1 menggambarkan hal ini , menunjukkan masing-masing tiga aspek ini pada garis horizontal sendiri.



Gambar 1 : ALM dapat dilihat sebagai memiliki tiga aspek .

Seperti kehidupan manusia, siklus hidup aplikasi adalah dibatasi oleh peristiwa penting . Ini dimulai dengan sebuah ide : Mengapa kita tidak membangun sesuatu yang melakukan ini? Setelah aplikasi dibuat , acara besar berikutnya adalah penyebaran, saat aplikasi masuk ke dalam produksi .
Dan akhirnya , ketika tidak lagi memiliki nilai bisnis , aplikasi mencapai akhir kehidupan dan akan dihapus dari layanan .
Governance , yang meliputi semua pengambilan keputusan dan proyek manajemen untuk aplikasi ini , membentang di atas seluruh waktu ini . Pembangunan, proses benar-benar menciptakan aplikasi , terjadi pertama antara ide dan penyebaran . Untuk sebagian besar aplikasi, proses pembangunan muncul kembali lagi beberapa kali lebih dalam seumur hidup aplikasi , baik untuk upgrade dan versi yang sama sekali baru .
Operasi , pekerjaan yang diperlukan untuk menjalankan dan mengelola aplikasi , biasanya dimulai sesaat sebelum penyebaran, kemudian berjalan terus menerussampai aplikasi akan dihapus dari layanan. Masing-masing dari tiga bidang inipenting, sehingga masing-masing bernilai memeriksa secara lebih rinci.

ASPEK ALM : TATA KELOLA


Dalam ALM , tujuan pemerintahan adalah untuk memastikan aplikasi selalu menyediakan apa kebutuhan bisnis. Gambar 2 memberikan tampilan close- up dari ALM pemerintahan , memberikan sedikit lebih detail tentang apa yang memerlukan .



Gambar 2 : Tata Kelola membentang di atas seluruh siklus hidup aplikasi .

Langkah pertama dalam ALM pemerintahan adalah pengembangan kasus bisnis . Seperti Gambar 2 menunjukkan , analisis ini terjadi sebelum proses pembangunan dimulai . Setelah kasus bisnis disetujui , pengembangan aplikasi dimulai , dan pemerintahan sekarang dilaksanakan melalui manajemen portofolio proyek .
dalam beberapa organisasi , ini adalah sederhana : Seorang manajer proyek mungkin harus terpasang ke tim pengembangan , atau salah satu dari orang-orang teknis di tim mungkin mengambil peran ini . Organisasi-organisasi lain menggunakan lebih formal pendekatan , bergantung pada kantor manajemen proyek terpusat ( PMO ) untuk menegakkan prosedur yang telah ditetapkan .
Setelah aplikasi selesai dikerahkan , itu menjadi bagian dari portofolio organisasi dari aplikasi . Sebuah aplikasi merupakan aset seperti yang lain , sehingga organisasi membutuhkan berkelanjutan pemahaman tentang manfaat dan biaya . Manajemen portofolio aplikasi ( APM ) menyediakan ini , menawarkan cara untuk menghindari duplikasi fungsi seluruh aplikasi yang berbeda .
APM juga menyediakan tata kelola untuk dikerahkan aplikasi , menangani hal-hal seperti ketika update dan revisi yang lebih besar masuk akal bisnis. Bahkan , memeriksa bagian APM dari garis Governance secara lebih rinci akan menunjukkan bahwa itu berisi pengembangan kasus bisnis dan manajemen portofolio proyek untuk setiap revisi ke aplikasi ditampilkan pada baris Pembangunan .
Governance adalah satu-satunya hal yang meluas di seluruh seluruh rentang waktu ALM . Dalam banyak hal , itu adalah aspek yang paling penting dari ALM . Dapatkan salah , dan Anda tidak akan datang dekat dengan memaksimalkan aplikasi nilai bisnis .

ASPEK ALM : PEMBANGUNAN


Sementara menyamakan ALM dengan proses pengembangan perangkat lunak tidak akurat , pengembangan tentunya adalah bagian mendasar dari siklus hidup setiap aplikasi. Gambar 3 mengambil dan melihat lebih dekat pada aspek ini dari ALM .


Gambar 3 : Pengembangan terjadi pada bagian pertama dari siklus hidup sebuah aplikasi , kemudian terjadi secara berkala sebagai aplikasi diperbarui

Setelah kasus bisnis disetujui , siklus pengembangan perangkat lunak dimulai . Jika kita memperluas SDLC bagian dari garis Pengembangan ditunjukkan pada gambar , proses modern yang mungkin akan menunjukkan perangkat lunak pembangunan sebagai serangkaian iterasi (perulangan). Setiap iterasi akan berisi beberapa definisi persyaratan , beberapa desain , beberapa pengembangan , dan beberapa pengujian . Gaya ini berulang pembangunan tidak selalu tepat. Setelah proses SDLC untuk versi 1 dari aplikasi selesai , aplikasi ini digunakan .
bagi sebagian besar aplikasi, bagaimanapun , penyebaran tidak menandai akhir dari pembangunan. Sebaliknya , kebutuhan aplikasi update berkala , seperti yang ditunjukkan pada gambar , dan mungkin satu atau lebih upaya SDLC penuh untuk membuat versi baru , seperti dalam contoh ini . Untuk beberapa aplikasi , uang yang dihabiskan untuk update ini dan versi baru dapat melebihi biaya pengembangan awal dengan jumlah yang signifikan . Sekali lagi , perhatikan peran SDLC dalam proses ALM keseluruhan . Seperti Gambar 2 menunjukkan , aspek ini tentu penting , tapi itu jauh dari keseluruhan cerita . Melihat ALM sebagai identik dengan SDLC hanya salah –ini menyebabkan kesalahpahaman apa yang sebenarnya diperlukan untuk menjadi sukses di daerah ini .

ASPEK ALM: OPERASI


Setiap aplikasi dikerahkan harus dipantau dan dikelola. Gambar 4 menunjukkan beberapa bagian penting dalam proses operasi ini.



Gambar 4: Operasi dimulai tak lama sebelum aplikasi dikerahkan, kemudian berlanjut sampai aplikasi akan dihapus dari layanan
Seperti Governance, garis Operasi erat terhubung ke saluran Pembangunan. Sebagai contoh, perencanaan untuk penyebaran kemungkinan dimulai sesaat sebelum aplikasi selesai, dan tindakan penyebaran itu sendiri adalah bagian mendasar dari operasi.
Setelah aplikasi ini digunakan, itu harus dipantau sepanjang masa. Demikian pula, setiap update ke aplikasi harus dikerahkan setelah itu selesai, karena angka menunjukkan.

ALAT UNTUK ALM


Tiga aspek ALM - pemerintahan, pembangunan , dan operasi - erat terhubung ke satu samalain . Melakukan ketiganya juga merupakan persyaratan untuk setiap organisasi yang bercita-cita untuk memaksimalkan bisnis nilai perangkat lunak. Tapi ini bukan tujuan yang mudah untuk dicapai. Masing-masing dari tiga menantang untuk mendapatkan hak sendiri , dan sehingga mendapatkan kombinasi yang tepat bahkan lebih menantang .Alat yang tepat dapat membuat ini lebih mudah . Sejumlah vendor saat ini menyediakan alat-alat yang horizontal terintegrasi , yaitu alat yang bekerja sama dengan baik pada salah satu dari tiga baris .
Sebagai contoh, Microsoft Visual Studio Team System menyatukan berbagai alat pendukung beberapa aspek pembangunan proses . Namun alat-alat harus terintegrasi tidak hanya secara horizontal namun juga secara vertikal juga, membantu organisasi membuat koneksi di tiga baris .
Misalnya , alat-alat manajemen proyek harus dihubungkan ke alat pembangunan, yang pada gilirannya harus memiliki koneksi ke alat digunakan untuk operasi . Koneksi ini mulai muncul . Visual Studio Team System , misalnya , dapat terhubung dengan Microsoft Project Server untuk membantu proyek manajer mendapatkan informasi up-to - date pada apa yang pengembang lakukan .
Masih ada banyak ruang untuk perbaikan , namun, dan ada vendor hari ini menawarkan satu set alat ALM dengan integrasi vertikal penuh di semua tiga baris .

KESIMPULAN


ALM jauh lebih dari sekedar menulis kode . Ketiga aspek - pemerintahan, pembangunan , dan operasi - adalah penting. Pikirkan tentang sebuah proyek yang mendapat aspek pemerintahan awal yang salah , misalnya , mungkin dengan tidak memahami kebutuhan bisnis atau gagal untuk mendapatkan pemangku kepentingan yang tepat yang terlibat . Tidak peduli seberapabaik organisasi tidak pengembangan dan operasi , proyek ini tidak akan memberikan banyak nilai bisnis .
Demikian pula , sebuah proyek yang menargetkan masalah yang tepat dengan menggunakan proses pembangunan kelas mungkin mengabaikan masalah operasional , seperti menyediakan sumber daya yang cukup untuk menjalankan aplikasi andal .
Sekali lagi, nilai bisnis investasi ini memberikan tidak akan sama besar seperti seharusnya . Mengambil pandangan yang luas dari ALM dapat membantu organisasi menghindari masalah seperti ini . Memaksimalkan nilai aplikasi yang kami buat berarti melakukan semua tiga aspek ALM baik .
Mencapai Tujuan ini tidak mudah , terutama ketika alat ALM saat ini tidak terintegrasi serta mereka bisa. namun tidak ada jalan lain : Mengambil , pandangan yang luas dari ALM sangat penting untuk meningkatkan proses bisnis.

SUMBER


http://www.techopedia.com/definition/28008/application-management-am
http://www.davidchappell.com



ARTIKEL TERKAIT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar